Subscribe channel YouTube RA MI AL AMIN. Subscribe

SIMPATIKA Syarat, Fungsi dan Cara Mendapatkan NPK (Nomor Pendidik Kemenag)

SIMPATIKA Syarat, Fungsi dan Cara Mendapatkan NPK (Nomor Pendidik Kemenag)

Al-Amin - Selamat malam semua, malam ini admin mau berbagi post tentang program di Simpatika kenapa harus simpatika ? yah sebagai PTK yang mengajar di sekolah dibawah kemenag mungkin sudah tidak asing dengan program yang stau ini, yaitu Simpatika.

NPK, apa itu ? NPK adalah singkatan darai Nomor Pendidik Kemenag, ya ini adalah salah satu fitur atau opsi Semester Genap tahun ajaran 2015 - 2016 ini.

NPK adalah nomor atau kode khusus yang diberikan pada guru oleh Kemenag, sekaligus menjadi kode identitas guru yang bersatminkal di lingkungan Kemenag.

NPK terdiri dari 13 Digit nomor yang unik karena nomor setiap NPK guru berbeda-beda, boleh dibilang NPK adalah kartu NUPTK yang berlaku khusus dilingkungan Kemenag.

1. Fungsi dan Tujuan di Terbitkannya NPK (Nomor Pendidik Kemenag)

Seperti NUPTK, NPK menjadi identitas setiap guru dan sekaligus berfungsi sebagai salah satu pengendalian dan monitoring dinamika data pendidik,

NPK adalah salah satu terobosan dari Kemenag melalui sistem Simpatika, sehingga kedepannya setiap program peningkatan mutu, peningkatan kesejahteraan guru tidak selalu harus menggunakan NUPTK, Seperti Penjaringan Peserta PLPG, Inpassing, Pencairan Tunjangan Profesi Guru dll.

2. Syarat dan Cara Mendapatkan NPK (Nomor Pendidik Kemenag)

Semua Pendidik di lingkungan kemenag bisa mendapatkan NPK, tapi ada beberapa syarat untuk mendapatakan NPK, ada juga beberapa yang sudah memenuhi syarat dan secara otomatis mendapatkan

NPK di Dashboard PTK, di bawah ini PTK yang otomatis mendapatkan NPK

  1. Pendidik PNS
  2. Pendidik Non PNS yang sudah memiliki NUPTK

bagaimana Pendidik yang tidak otomatis mendapatkan NPK ? tenang masih ada cara untuk mendapatkan NPK dengan cara mengajukan diri tapi tetap dengan beberapa syarat.berikut cara mengajukan dan syaratnya.

  1. Telah memiliki Peg ID dan telah Bintang 4 dilayanan Simpatika.
  2. Memiliki kualifikasi pendidikan minimal D4/S1.
  3. Telah mengajar di Satminkal RA, Madrasah di naungan Kemenag sekurang - kurangnya 2 tahun.
  4. Memiliki riwayat mengajar 4 Semester secara berurutan dalam 2 tahun terakhir.
UPDATE 4 FEBRUARI 2016 Peg ID yang telah memenuhi syarat sebagaimana diatas, NPK nya langsung muncul secara otomatis tanpa perlu pengajuan.

Cara Mengajukan NPK (Nomor Pendidik Kemenag)

Terakhir info yang saya dapatkan dari salah satu guru disatminkal saya untuk saat ini belum ada opsi atau fitur untuk pengajuan NPK, Tapi sudah dipastikan akan ada dalam Semester Genap tahun 2016.

Untuk itu penting setiap saat untuk selalu mengecek akun PTK masing - masing dilayanan Simpatika, jika ada perubahan data yang belum di input di akun PTK segera lakukan perubahan. Sebagai contohnya guru yang baru berhasil menyelesaikan pendidikan S1 namun di akun Simpatika-nya masih tertulis SMA maka bukan tidak mungkin fitur/opsi pengajuan NPK tidak akan muncul.

Jika kejadian diatas tersebut terjadi segeralah rubah data anda dengan mengajukan perubahan data pada admin dinas (S12) sehingga perubahan data tersebut di setujui (S13)

Bagi PTK yang Belum Aktif

Jika pada semester kemarin, PTK lupa tidak mengaktifkan diri (hingga mencetak kartu) sehingga status riwayatnya belum aktif, maka dengan berat hati tidak bisa mengajukan NPK

Karena tersebut diatas PTK yang bisa mengajukan NPK adalah PTK yang aktif 4 Semester secara berurutan dalam 2 tahun terakhir.

Lalu Bagaimana Nasib NUPTK ?

NUPTK Masih tetap berlaku karena NPK berlaku hanya di lingkungan Kemenag saja, Dan bagi yang belum memiliki tetap bisa mengajukannya ke Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tentunya sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan oleh Ditjen GTK.

Sekian postingan malam ini, semoga bisa membantu teman - teman yang masih memiliki kesulitan di Simpatika.

Tambahkan aplikasi RA. MI AL AMIN di smartphone tanpa install, buka RA. MI AL AMIN menggunakan Google Chrome lalu klik ikon titik 3 di Chrome, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Lalu klik aplikasi RA. MI AL AMIN dari layar utama smartphone anda. Atau buka website RA. MI AL AMIN dengan aplikasi Google News atau Berita dengan Ikuti atau Follow RA. MI AL AMIN. selanjutnya temukan feed RA. MI AL AMIN dibagian Following atau Mengikuti untuk membaca artikel.

42 komentar

  1. Aslmkm wr.wb ,Kami honor d instansi kemenag akan tetapi kesejahteraan kami d sekolah kurang d perhatikan,dan keterbukaan informasi itu yang kami harapkan agar Tdk ada kecemburuan/ kecurigaan trs,kami berharap sebagai honorer d sekolah kesejahteraan kami d perhatikan jgn yang PNS trs.terimakasih.
  2. Assalamualaikum kaka
    Saya mau bertanya
    Saya lulus 2018 dan sya sudh mengajr 2 tahun lebih
    Tapi ijazah S1 sya mash dlm proses
    Apakau sya bisa medaftr diri Di SIMPATIKA dgn Surat keteragan Lulus
    1. Bisa, minta operator sekolahnya untuk mendaftarkan nama sampean ke Simpatika, nanti proses verifikasi di admin kotanya sertakan surat keterangan lulus sebagai pengganti Ijazah.
  3. Maaf izin bertanya sya udh bintang 4. Tpi blm muncul npk. Udh memenuhi syarat. Mohon di kwabb
  4. Sudah S1? Sudah ngajar 2 tahun lebih?

    Jika kedua syarat tersbut sudah dipenuhi tinggal nunggu saja terbit NPK secara otomatis di Simpatika.
  5. Assalamualaikum.. Apakah tidak bisa untuk non guru mendapatkan NPK,, apakah itu khusus untuk Guru saja.. Sedangkan syarat mau ikut p3k non guru,, hrs memiliki NUPTK atau NPK.. Berati gak bisa dong yaa yg non guru ikutan p3k pdahal udah lebih 10 tahun menjadi honorer.
  6. Waalaikum salam, NPK hanya untuk pendidik yang sudah S1.
  7. Ada PTK yg sdh lbh dr 2 thn mngajar, S1 sdh pny peg id tp blm muncul NPK, itu knapa yaaa?
    1. Bisa menghubungi admin kab/kota, cek lagi apakah semua data PTK tersebut sudah benar dan sudah aktif di Simpatika selama 2 tahun tersebut.
  8. Assalamu'alaikum,, maaf izin bertanya, saya sudah 3 tahun mengajar tpi belum terdaftr di simpatika, S1 juga saya sdh selesai 2019. Katanya harus menunggu SK yayasan dlu baru bisa terdftr.. Apakah benar?
  9. Waalaikum salam, yap benar. Jika sudah S1, sudah ada SK langsung minta operator madrasah untuk memasukan data sampean ke Simpatika.
  10. Assalamualaikum. Izin bertanya. Tahun 2020 saya sudah memiliki NPK, setelah itu saya berhenti, dan 2022 baru masuk ke MTs baru. Apa NPK saya jadi tidak berlaku?
    1. Waalaikum salam, jika data disekolah sebelumnya dihapus bukan di mutasi kemungkinan NPK akan hilang, karena syarat untuk mendapatkan NPK harus aktif 2 tahun dan S1.
  11. Assalamualaikum apakah guru yg sudah terdaftar simpatika, akan mendapatkan tunjangan atau bantuan setiap bulannya?
    1. Tunjangan yang sinkron dengan Simpatika adalah Tunjangan Profesi Guru (TPG) dan Tunjangan Fungsional Guru (TFG). Untuk kedua tunjangan tersebut memiliki syarat yang berbeda. Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan langsung ke KKMI atau ke Admin Simpatikan Kota/Kabupaten.
  12. Ijazah SD saya hilang. Apakah masih dapat daftar simpatika?
    1. Bisa karena pertama yang dibuat acuan adalah ijazah terakhir. Untuk lebih lanjutnya untuk Ijazah SD yang hilang bisa dimintakan surat pernyataan di sekolah SD nya dulu.
  13. Assalamu'alaikum, saya mau tanya, jika di suatu sekolahan baru mengaktifkan simpatika dan akun guru hanya bisa di aktifkan namun tidak bisa membagi jadwal karena belum bisa membuat akun kepala madrasah. Kira2 guru tersebut bisa dapat NPK tidak ya?
    1. Belum bisa, karena salah satu syarat NPK adalah aktif selama 2 tahun berturut-turut.
  14. Assalamualaikum mau tanya apakah yang bisa daftar di simpatika harus s1 pendidikan? Terima kasih
    1. Waalaikum salam, iya untuk pendidik memang harus S1 terlebih dulu, untuk jurusannya sendiri lebih baik linier dengan mapel yang di ampu. Untuk Tenaga Kependidikan tidak wajib S1.
  15. Saya baru semester ini ngajar di MI sebelumnya sy mengajar 10 th di SD dan sudah punya NUPTK,apakah bisa ikut PPG jika belum terdaftar di simpatika?
    1. Tidak bisa, harus menunggu lagi 10 tahun di satminkal MI nya.
  16. Ka kalo tidak munculnya npk itu karena apa yah? kebetulan teman2 seangkatan saya sudah muncul npk nya tpi saya belum
    1. Syarat NPK cukup mudah, 2 tahun di satminkal yang sama da sudah terdaftar di Simpatika, sudah S1. Jika syarat tersebut sudah terpenuhi tapi NPK belum muncul, bisa langsung di tanyakan ke admin Simpatika Kab/Kota.
  17. apakah 4 semester berturut2 itu, harus menunggu semester yg ke 4 nya berakbir dulu?. jadi keluar npk saat sistem membaca di semester ke 5?
    1. Yap, benar pak.
  18. Assalamualaikum bu.
    Saya di 2020 sudah terdata di simpatika. Lalu berhenti di 2021. Kemudian simpatika saya di non aktfkan.
    Selanjutnya saya mulai mengajar lagi di tajun 2022. Apakah dengan begini, masa kerja saya seblumnya di thaun 2020-2021 dihanguskan?. Posisi sekarang npk saya tidak terbit. Saya baru saja mengaktifkan dan memutasi simpatika saya ke sekolah yang baru
    1. Iya, berarti mulai baru di tahun ini, jika tetap sampai 2024, maka NPK sampean akan terbit pada tahun 2024/2025.
  19. Maaf, apakah NPK hanya khusus untuk guru saja? Sedangkan PTK dengan fungsi jabatan seperti TU, bendahara dan lainnya tidak bisa mendapatkan NPK?
  20. Istri saya sejak lulus MAN tahun ajaran 2018/2019 mengajar di RA pagi sampai siang. Siang kuliah S1.
    Bulan Mei 2023 lulus sidang, Juni wisuda.
    Yang jadi pertanyaan, bila juli 2023 istri saya mengajukan pembuatan NPK apakah masa kerja dan SK GTY dan SK mengajar mulai 2018 diakui?
    1. Apakah datanya sudah ada disimpatika sejak tapel 18/19?
  21. Saya baru mengajar di RA, saya pernah bertanya apakah saya sudah dimasukkan ke SIMPATIKA?
    Jawabannya belum, karena syarat dimasukkan di SIMPATIKA harus mengajar minimal 2 tahun dulu. Apakah memang ketentuan dari kemenag seprti itu??
    1. Tidak, asalkan sudah S1 bisa dimasukan ke simpatika.
  22. Operator sekolah tidak mau memasukan data diri saya untuk mendaftar ke simpatika. Sudah 2 tahun ini
    Bagaimana solusi nya.?
  23. Mohon maaf ijin bertanya saya sudah mengajar di Mi dari 2017 tapi masuk dengan ijazah SMA, 2023 saya lulus S1 apakah masa mengajar dan Sk GTY saya di hitung mulai 2017, karena belum dimasukan ke simpatika, atau mulai dari ijasah S1 dari awal lagi. Terimalasih
  24. Terhitungnya mulai 2023 setelah lulus S1, segera dimasukan saja datanya ke Simpatika.
  25. Pak maaf saya sudah mendapat SK yayasan dari 2017 ijasah masuk SMA tp dr dulu belum dimasukan simpatika kalau sekarang saya masuk ke simpatika dengan S1 apakah yang SK yayasan 2017 terhitung dan diakui tidak Terimakasih
    1. Bukan tidak diakui, tapi karena syarat menjadi guru di Simpatika itu wajib S1 dulu. Maka yang terhitung di Simpatika tetap TMT yang setelah S1.
  26. Bearti walaupun saya sudah ada sk yayasan dari 2017, tapi baru dimasukan simpatika 2023 karena baru S1, yang terhitung mulai 2023, yg dari 2017 hilang, kembali dr awal lg begitu ya..
    1. Yap, karena yang diakui di Simpatika sebagai guru itu ketika sudah ada ijazah S1.
  27. Maaf ijin bertanya lg tadi saya bertanya dengan pihak yg di kemenag katanya TMT bisa dari 2017 dengan Sk yayasan walaupun baru daftar simpatika sekarang karena baru S1.. untuk yg dari 2017 bearti hilang? Atau tetap terhitung ya Terimakasih