Subscribe channel YouTube RA MI AL AMIN. Subscribe

SIMPATIKA Kenapa Ajuan SKMT dan SKBK Tidak Linier ?

SIMPATIKA Kenapa Ajuan SKMT dan SKBK Tidak Linier ?

Al-Amin - Selamat sore kali ini admin mau berbagi untuk PTK yang kesulitan mencetak SKMT dan SKBK dan bermasalah dengan status tidak linier di Simpatika.

Saat kita hendak melakukan Cetak SKMT dan Ajuan SKBK kenapa pada status linearitas muncul tidak linear?, Apa penyebab ketidak-linear-an itu? dan Apa yang harus dilakukan agar status linearitas menjadi linear?.

Padahal jika SKMT dan SKBK tidak linier, maka Tunjangan Profesi Guru terancam tidak bisa dicairkan.

Linearitas terkait dengan Penghitungan Beban Kerja Guru RA/Madrasah. Kementerian Agama melalui Dirjen Pendidikan Islam telah mengeluarkan aturan tentang ini berupa Keputusan Dirjen Pendis Nomor DJ.I/DT.I.I/166/2012 tentang Pedoman Teknis Penghitungan Beban Kerja Guru Raudlatul Athfal/Madrasah.

Untuk lebih lanjutnya silahkan baca Keputusan Dirjen Pendis Nomor DJ.I/DT.I.I/166/2012.
berikut ini akan saya jelaskan beberapa alasan kenapa status linieritas menjadi tidak linier.

1. Nama Mata Pelajaran Tidak Sesuai Dengan Kurikulum Nasional

Sama-sama Bahasa Inggris tetapi pada mapel yang berkotak merah Kurikulum Nasional bertanda strip (-), sedangkan yang lainnya pada Kurikulum Nasional bertuliskan sesuai nama mapel. Meskipun nama pelajaran sama dan identik, hal ini oleh sistem dianggap sebagai mata pelajaran yang tidak sesuai dengan kurikulum.

Solusi :

  1. Cek kembali mata pelajaran di akun sekolah - Kurikulum - Mata Pelajaran.
  2. Hapus Mata Pelajaran yang memiliki tanda strip (-) pada Kurikulum Nasional dengan cara klik tanda segitiga kecil disebelah kanan lalu pilih hapus mata pelajaran.
  3. Cek kembali mata pelajaran di isian jadwal mingguan ganti nama mata pelajaran yang tidak sesuai dengan kurikulum nasional, dengan mata pelajaran yang sesuai dengan kurikulum nasional.

2. Sesuaikan Mata Pelajaran dengan Mata Pelajaran NRG atau Sertifikasi Guru

Sesuaikan mata pelajaran yang diampu oleh guru yang bersangkutan sesuai dengan NRG atau sertifikat pendidik yang dimiliki.

Jika guru yang ber-sertifikat pendidik Guru Bahasa Indonesia maka berikanlah guru tersebut jadwal Bahasa Indonesia pada jadwal mingguan.

Bagaimana dengan guru yang belum bersertifikat pendidik ?
Ya terima saja status tidak linier yang diberikan.

3. Status Verval NRG 

Status linier atau tidak linier juga menyangkut dengan Verval NRG yang dilakukan.

Pendidik yang telah mengajukan Verval NRG dan telah disetujui oleh Admin Dinas dengan tanda munculnya NRG di Dashboard PTK yang bisa linier, sebaliknya Pendidik yang belum melakukan Verval NRG atau Verval NRGnya masih dalam masa proses maka tidak linier

Berarti harus memenuhi ketiga syarat diatas ?

Benar Agar SKMT dan SKBK bisa linier harus memenuhi ketiga syarat diatas.

  1. Nama Mata Pelajaran harus sesuai dengan Kurikulum Nasional
  2. Mata pelajaran yang diampu harus sesuai dengan Sertifikat Pendidik dan NRG yang dimiliki
  3. Status Verval NRG harus sudah disetujui oleh admin dinas

Bagaimana kalau sudah bersertifikat tapi pelajaran yang diampu tidak sesuai dengan sertifikat pendidik yang dimiliki? dan bagaimana verval NRG yang masih dalam proses apakah bisa linier ?

Iya, tetap tidak akan linier karena mata pelajaran yang diampu harus sama dengan sertifikat pendidik atau NRG yang dimiliki (baca poin no. 1). dan guru yang verval NRG nya masih dalam proses juga tidak akan linier.

Ya berdoa saja semoga ada kebijakan khusus untuk guru - guru yang proses verval NRG masih dalam proses bisa dianggap linier.

Sekian postingan untuk SIMPATIKA Kenapa Ajuan SKMT dan SKBK Tidak Linier ?. semoga bisa membantu teman - teman yang lain.

Tambahkan aplikasi RA. MI AL AMIN di smartphone tanpa install, buka RA. MI AL AMIN menggunakan Google Chrome lalu klik ikon titik 3 di Chrome, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Lalu klik aplikasi RA. MI AL AMIN dari layar utama smartphone anda. Atau buka website RA. MI AL AMIN dengan aplikasi Google News atau Berita dengan Ikuti atau Follow RA. MI AL AMIN. selanjutnya temukan feed RA. MI AL AMIN dibagian Following atau Mengikuti untuk membaca artikel.

Posting Komentar